Selasa, 28 April 2015

RPP Mandiri K13 "LINGKARAN" (Kelas VIII)


  Rencana Pelaksanaan Pembelajaran 
Nama Sekolah                       : SMP Negeri 11 Malang
Mata Pelajaran                      : Matematika
Kelas/Semester                      : VIII/2       
Pertemuan Ke-                      : 1
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
Indikator
KI.3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata

KI.4. Mencoba, mengolah, dan menyaji dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
3.6. Menghitung Luas Lingkaran
Aspek sikap
1.       Aktif dalam diskusi kelompok dalam proses pembelajaran.
Aspek ketrampilan
2.       Menyusun juring-juring lingkaran menyerupai bentuk bangun datar, seperti persegipanjang, jajargenjang, trapesium dan segitiga sama kaki.
Aspek pengetahuan
3.       Menemukan rumus luas lingkaran.




Alokasi Waktu                       : 2 x 40 menit

A. Tujuan Pembelajaran
Setelah mempelajari materi ini dengan baik melalui diskusi kelompok menggunakan pendekatan konstruktivisme, diharapkan siswa dapat :
1.      Memahami luas lingkaran
2.      Menghitung luas lingkaran
B. Materi Ajar
Luas Lingkaran
Pak Budi mempunyai sumur untuk menampung air hujan,agar air di dalamnya tidak kotor, maka Pak Budi akan menutup sumur tersebut dengan tutup yang berbentuk lingkaran terbuat dari seng. Berapakah luas seng tersebut? Untuk menjawab masalah ini lakukan kegiatan berikut
Alat dan bahan
Kertas,jangka, penggaris, gunting, busur derajat, pensil dan lem kertas.
1.      Dengan menggunakan busur dan penggaris,lukislah sebuah lingkaran dengan jari-jari 3 cm di kertas origami
2.      Bagilah daerah lingkaran tersebut menjadi 16 juring yang kongruen (sama besar). Kamu dapat menggunakan jangka untuk membagi sudut pusat sama besar.
3.      Arsirlah daerah setengah lingkaran
4.      Guntinglah setiap juring yang telah kamu buat
5.      Susun dan rekatkan menggunakan lem juring-juring tersebut di dalam kotak yang telah disediakan di bawah ini,sedemikian hingga berbentuk seperti segi-n, misalnya jajargenjang.
6.      Tentukan luas daerah bangun yang telah kamu temukan tersebut.


 


Dari juring lingkaran yang sudah disusun tadi,ternyata bangun datar yang terbentuk adalah jajargenjang dan ternyata luas kedua bangun tersebut sama. Karena kedua bangun tersebut tersusun atas juring-juring lingkaran yang sudah di gunting tadi. Berarti mencari luas lingkaran sama saja dengan mencari luas bangun datar yang sudah ditemukan tadi.
Dengan : L = Luas lingkaran
pi  = 3,14 atau 22/7
r  = Jari-jari lingkaran

C. Model, Pendekatan, dan Metode Pembelajaran
- Model Pembelajaran             : Discovery Learning
- Pendekatan                           : Saintifik
-Metode Pembelajaran            : Ceramah, tanya jawab, dan diskusi


D. Langkah-Langkah Pembelajaran
Pendahuluan
No
Tahap Pembelajaran
Tahap Saintifik
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
Pendahuluan (15 menit)
1.


Menyampaikan salam pembuka
Menjawab salam dari guru
1 menit
2.


Mengabsen siswa, dan menanyakan alasan ketidakhadiran siswa
Menyebutkan nama siswa yang tidak hadir (jika ada)
1 menit
3.


Memberi motivasi kepada siswa yang dianalogikan terhadap peristiwa yang baru terjadi (misalnya: di jalan melihat seorang anak yang meminta-minta) agar siswa bisa lebih semangat dalam belajar dan lebih bisa bersyukur.
Mendengarkan apa yang guru bicarakan
3 menit
4.


Menyampaikan tujuan mengenai pembelajaran
Memperhatikan penjelasan guru
1 menit
5.


Menggali ingatan siswa mengenai unsur-unsur lingkaran seperti jari-jari, diameter, juring, bususr, dan tali busur
Siswa memperhatikan lalu menjawab pertanyaan guru mengenai unsur-unsur lingkaran
3 menit
6.


Menyampaikan manfaat menemukan luas lingkaran untuk kehidupan sehari-hari
Memperhatikan apa yang disampaikan guru dengan disiplin
1 menit
7.


Membagi siswa ke dalam 8 kelompok
Siswa berkumpul bersama kelompok yang sudah ditetapkan oleh guru
2 menit
8.


Guru membagikan lembar kegiatan kepada tiap kelompok dan meminta siswa agar menyiapkan alat peraga
Siswa menerima lembar kegiatan dan menyiapkan alat peraga dengan tenang.
3 menit








Kegiatan Inti

No
Tahap Pembelajaran
Tahap Saintifik
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa

1.
Stimulasi
Mengamati
Memberi tayangan mengenai cara membagi juring lingkaran melalui LCD menggunakan media Mapelin 8 Standard (Build 12.09) yang di download pada link: http://yons3prens.wordpress.com

Siswa mengamati tayangan yang diberikan oleh guru dengan seksama
5 menit
2.
Problem Statement
Menanya
Memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya mengenai hal-hal yang belum dimengerti.
Siswa menanyakan dengan sopan dan rasa ingin tahu
3 menit


Mengumpulkan informasi
Guru membimbing siswa untuk membuat lingkaran lalu membaginya menjadi 16 juring yang sama besar, kemudian guru juga membimbing siswa untuk menggunting juring-juring yang sudah dibuat di kertas origami tersebut.
Siswa menggunting juring-juring pada kertas origami tersebut dengan bimbingan dari guru dan bekerja sama dengan kelompoknya.
10 menit
3.
Mengumpulkan Data
Menggali informasi
Guru meminta masing-masing kelompok untuk menyusun juring-juring yang sudah dipotong tadi menjadi sebuah bangun datar jajargenjang dengan menempelkannya pada kertas manila. (Sesuai pada buku halaman 83)
Masing-masing kelompok menyusun juring-juring tersebut menjadi bangun datar jajargenjang dengan teliti
10 menit


Menanya
Guru berkeliling untuk membimbing setiap kelompok dan membantu jikaada kelompok yang mengalami kesulitan.
Siswa menanyakan kepada guru jika mengalami kesulitan
5 menit
4.
Pengolahan Data
Mengasosiasikan
Mengarahkan siswa untuk menemukan rumus  bangun datar yang disusun dari juring-juringnya jika ada yang bertanya
Menemukan rumus bangun datar yang disusun dari juring-juringnya dengan berpikir keratif , kerjasama dan menghargai pendapat orang lain.
2 menit

Mengasosiasikan
Guru mengarahkan siswa untuk menemukan rumus luas lingkaran berdasarkan pendekatan rumus jajargenjang yang telah ditemukan.
Siswa menemukan luas lingkaran dari pendekatan  rumus bangun datar yang disusunnya dengan kerjasama dan berpikir kreatif.
5 menit
5.
Pembuktian (Verification)
Mengkomunikasikan
Guru membentuk kelompok besar dengan cara menggabungkan dua kelompok menjadi satu kelompok untuk memverifikasi hasil kerjanya
Siswa bergabung dengan kelompok besar dengan tertib, lalu memverifikasi hasil kerjanya.
1 menit
6.
Generalisasi
Mengkomunikasikan
Guru menunjuk salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas, dan kelompok yang lain menanggapi
Kelompok yang sudah ditunjuk mempresentasikan hasil kerjanya di depan kelas dengan tertib.
9 menit


Mengkomunikasikan
Guru mempersilahkan siswa untuk membuat kesimpulan mengenai diskusi kelompok
Membuat kesimpulan mengenai rumus lingkaran dengan teliti dan kreatif
5 menit

Penutup
No.
Tahap Pembelajaran
Tahap Saintifik
Kegiatan Pembelajaran
Alokasi Waktu
Kegiatan Guru
Kegiatan Siswa
1.


Memberi penghargaan kepada kelompok yang sudah maju ke depan untuk mempresentasikan hasil kerja kelompoknya
Bertepuk tangan untuk kelompok yang sudah maju ke depan
1 menit
2.


Memberikan soal individu
Mengerjakan soal tersebut
20 menit
3.


Menutup pertemuan dengan kembali memberi motivasi kepada siswa dan mengucapkan salam
Mendengarkan pembicaraan guru lalu menjawab salam (religius)
4 menit



E. Alat/Bahan, Media, dan Sumber Belajar
    Alat                         : Penggaris, alat tulis, jangka, kertas origami, dan gunting
    Media                      : LCD, LAS, media pembelajaran berupa animasi flash (diakses pada http://yons3prens.wordpress.com )
   Sumber Belajar          : Buku Matematika SMP untuk Kelas VIII Semester 2 Kurikulum 2013 oleh Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Balitbang, Kemdikbud.

F.      Penilaian Hasil Belajar           

TUGAS INDIVIDU( KOMPETENSI PENGETAHUAN)
Kompetensi inti: Memahami dan menerapkan pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu        pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
NO.

URAIAN TUGAS
ALTERNATIF JAWABAN
SKOR
1.
Tuliskan rumus bangun datar yang kamu susun dari juring-juring lingkaran.
                                        


2.
Tuliskan hubungan rumus bangun datar yang kamu susun dengan rumus luas lingkaran




3
Tuliskan kesimpulanmu tentang rumus luas lingkaran








PENILAIAN KOMPETENSI KETRAMPILAN
Kompetensi Inti :
Mengolah, menyaji, dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi, dan membuat) dan ranah          abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori
NO
ASPEK YANG DIAMATI
SKOR
1
2
3
4

1
Kreatif  dalam membagi lingkaran menjadi 16 juring yang sama besar






2
Kreatif  menyusun juring-juring lingkaran menjadi bentuk bangun datar





3
Kreatif  dalam menemukan rumus luas lingkaran






Jumlah skor






Skor rata – rata





PETUNJUK  PENSKORAN :                                                                     
Skor penilaian:  1 : Tidak benar ;                                        
                          2 : Kurang benar                                                                                                 
                           3 : Benar tapi kurang sempura                    
                4 : Sempurna    
 Rumus untuk menghitung skor rata-rata:
Rata-rata =



              Mengetahui                                                    Malang, 16 Maret 2015
           Kepala Sekolah,                                                     Guru Matematika,


        Sutikno S.Pd, MM                                               Ika Mardhiana Nur

  NIP: 196406211988031008                                      NIM: 201310060311113

Tidak ada komentar:

Posting Komentar